Hantu-hantu Jawa

Klasifikasi hantu-hantu Jawa adalah sebagai berikut :
1. Memedi adalah makhluk halus yang hanya untuk menakut-nakuti namun tidak bersifat merusak. Memedi dibedakan menjadi dua, yaitu memedi laki-laki yang disebut gendruwo dan memedi perempuan yang disebut wewe. Kemunculan memedi biasanya di tempat yang sepi dan jarang dikunjungi oleh manusia, juga pada pohon-pohon besar. Biasanya kemunculan memedi diawali dengan aroma atau bau singkong bakar. Kemunculan memedi menyerupai seseorang yang dekat dengan kita : suami, istri ataupun teman kita.
2. Lelembut adalah makhluk halus yang bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit bahkan gila atau hilang ingatan. Jika terkena maka harus diobati oleh seseorang yang ahli dalam perdukunan Jawa.
3. Tuyul adalah anak dari makhluk halus sifatnya tidak merusak tetapi suka mencuri uang. Tuyul biasanya digunakan orang-orang untuk pesugihan atau menambah dan mencari kekayaan. Tuyul sebenarnya tidak meminta tumbal tapi dia menghisap darah susu majikan perempuannya. Apabila darah susu majikan perempuannya sudah habis maka orang tersebut akan mati kemudian tuyul itupun akan mencari darah susu dari perempuan lain yang dijadikan korban selanjutnya oleh majikan laki-lakinya.Sedangkan Menthek adalah anak makhluk halus yang hampir sama seperti tuyul akan tetapi dia bukan mencuri uang melainkan mencuri hasil panen. Menthek dimiliki oleh para petani.
Kepercayaan terhadap makhluk halus sebenarnya punya makna yaitu rangkaian imajinasi yang sifatnya fiktografi simbolis yang artinya angan-angan pendukung pemilik kebudayaan. Dengan adanya angan-angan seperti itu maka kebudayaan akan terus berlangsung.

yusiyusro. Surakarta, 20 April 2011

Komentar

Posting Komentar